Rabu, 24 September 2014

Mari Penuhi Freezermu: Bakso Daging Sapi dan Bakso Aci


bakso daging feat bakso aci di dalam mangkok :P
Masih dalam rangka memenuhi freezer, kali ini edisi camilan favorit saya yang akan dibuat, wajib hukumnya untuk bisa bikin bakso, karena saya sangat suka bakso, suka pake banget :P
Setelah berkelana ke seluruh penjuru google, akhirnya saya menambatkan hati ke resep bakso nya mbak Endang JTT, eh, chopper nya juga sama, chopper mungil yang sangat membantu untuk berkreasi di dapur mungil saya ^_^. Saya tuliskan resep bakso nya saja yaa, untuk foto step by step dan bahan pelengkap lainnya bisa meluncur langsung kesana yaa


Bakso Daging Sapi Spesial by Mbak Endang Just Try and Taste, modifikasi by tiandra kitchen

Bahan bakso:
- 500 gram daging sapi bagian paha/top side, kondisi segar bukan beku dan sebaiknya tidak dicuci. Atau jika ingin dicuci sebaiknya saat daging masih dalam bongkahan besar, bukan setelah dipotong-potong. --> saya pake daging paha beku
- 6 kotak es batu (ice cube ukuran + 2 x 2 cm)
- 2 butir putih telur
- 4 sendok makan tepung tapioka/kanji--> saya pake 100 gram
- 2 sendok teh garam
- 1 sendok makan gula pasir
- 1 sendok teh merica bubuk
- 1/2 sendok makan baking powder double acting, bisa menggunakan baking soda
- 2 sendok makan minyak goreng. Minyak membuat daging menjadi lebih licin dan halus kala digiling.
- 1 sdm bawang putih goreng+ 3 sdm bawang merah goreng (haluskan)

Cara Membuat:
1. Buang lemak dan urat (yang berwarna putih) yang menempel pada daging sapi untuk menghasilkan bakso sapi yang halus dan lembut
2. Masukkan daging sapi ke dalam food processor, masukkan beberapa butir es batu, ulangi menghaluskan daging sampa 2-3 kali agar serat yang dihasilkan semakin lembut.
3. Masukkan tepung tapioka dan semua bumbu lainnya ke dalam food processor, ulangi proses ini sekali lagi.
4. Dinginkan adonan bakso yang telah halus ke dalam chiller selama kurang lebih 3 jam (sampai adonan dingin)
5. Keluarkan adonan dari dalam kulkas, bentuk adonan dengan menggunakan 2 buah sendok (saya belum ahli mencetak dengan tangan)
6.Masukkan adonan bakso ke dalam panci yang berisi air panas sampai seluruh adonan selesai dicetak, kemudian proses memasak bakso dilakukan dengan api kecil
7. Bakso siap dihidangkan ^_^

untuk bakso aci nya, saya belum pernah mencoba menyetok nya di dalam freezer, cuma untuk sekali makan, bikinnya sedikit doank. bikinnya pake resep cilok nya mbak ricke disini tapi menurut saya terlalu kenyal adonanya, akhirnya saya kurangi adonan tepung tapioka nya menjadi hanya setengahnya jadi perbandingan terigu:tapioka= 2:1

Cilok (bisa jadi) Bakso Aci

Bahan:
200 gram tepung terigu
100 gram tepung tapioka 
300 ml air kaldu
1 siung bawang putih dihaluskan
daun bawang diiris tipis
1 sdm minyak untuk menumis
1/2 sdt Gula
1 sdt Garam
1/2 sdt Merica

Cara membuat

1. Tempatkan tepung(terigu+tapioka) di dalam baskom
2. Tumis bawang putih sampai harum, masukkan 300 ml air kaldu, tunggu sampai mendidih, 
3. Tuangkan air kaldu berbumbu ke dalam tepung, aduk dengan spatula (karena masih panas)
4. Didihkan air, bulatkan adonan ke dalam air mendidih, masak sampai mengapung (tandanya matang)
5. Angkat bakso aci yang sudah matang, tiriskan.
6. Bakso aci siap dihidangkan ^_^




Tidak ada komentar:

Posting Komentar